Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor


Bagi anda yang memiliki kendaraan luar daerah tentunya tidak asing lagi dengan istilah ini, "cek fisik bantuan". Meski sudah ada beberapa tulisan senada, namun tidak ada salahnya untuk saya ulas. Kemarin, tepatnya 21 Juli 2012 aku bersama istri menyambangi Kantor Samsat Kota Depok untuk mengurus cek fisik kendaraan. Kendaraan bermotor kami, dengan plat daerah Semarang, mati sejak bulan Januari yang lalu. Keteledoran saya waktu hendak perpanjangan, bahwa tidak ingat kalo motor sudah harus ganti plat nomor. Sewaktu adik saya memperpanjang kendaraan di Semarang, bulan Januari lalu, tiba-tiba minta cek fisik nomor rangka dan mesin motornya. Seketika itu juga saya baru ngeh kalau memang sudah lima tahun umur plat nomor ini, dan sudah saatnya untuk ganti.


Dengan alasan kesibukan kerja dan malas tentunya, baru bulan Juli ini mengurusnya di Samsat Kota Depok. beberapa bulan lalu sempat diberhentikan oleh seorang polisi mengingat plat nomor motor sudah mati. Bersyukur, polisi tersebut masih memberi kesempatan saya untuk melanjutkan perjalanan tanpa harus memberi surat bukti pelanggaran. Yah meskipun polisi tersebut sempat meminta denda berupa uang namun saya tidak bersedia membayarnya. Akhirnya dia melepaskan saya tanpa syarat, dan hanya memberi informasi bahwa salah seorang rekan polisinya bisa membantu cek fisik. Namun saya mengabaikannya.

Kembali ke permasalahan awal, bahwa sebenarnya tidak sulit untuk mengurus cek fisik bantuan ini, juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Demikian prosedurnya, setelah tiba di samsat setempat kemudian kendaraan dibawa ke area cek fisik. Disana biasanya sudah ada petugasnya (polisi), tinggal meminta untuk cek fisik. Kurang lebih lima menit sticker yang digesek dengan pensil tersebut sudah selesai dikerjakan. Jika sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) Sticker tersebut kemudian dibawa ke loket pendaftaran cek fisik, dan tinggal mengikuti prosedur berikutnya. Namun kemarin, pengalaman saya, setelah penggesekan nomor rangka dan mesin kendaraan selesai, ketika masih di area cek fisik, seorang petugas di samping saya menanyakan STNK dan hasil penggesekan, kemudian berkata, "Bawa motornya ke atas, nanti tinggal ambil di dalam." "Ke atas?" sambutku. "Ke tempat parkir", jawabnya.

Lantas kendaraan aku parkir kembali di tempatnya dan aku pun bergegas ke ruang tunggu loket pengambilan cek fisik bantuan. Tidak sampai delapan menit menunggu, nama yang tertera di STNK itu dipanggil, surat cek fisik bantuan pun telah jadi. Petugas tersebut memberikan suratnya sembari berucap "Tiga puluh ribu". Yah meskipun tidak ada resi atau nota yang menyebut jumlah tersebut. Ho ho ho ternyata jemput bola tadi ada maunya, demi uang tiga puluh ribu.

Niat saya sih mengikuti prosedur yang ada, namun ada petugas yang "baik hati" jemput bola, bagaimana saya bisa menolak? lawong dia yang berkewenangan. "Itung-itung untuk jasa jemput bolanya", pikir saya.
Terakhir bagi anda yang hendak memperpanjang plat nomor kendaraan luar daerah, silahkan mengikuti prosedur yang benar, tidak rumit dan tidak lama kok. Mudah-mudahan tidak mendapati insiden jemput bola seperti di atas, sehingga bebas dari tarif liar. Berikut saya lampirkan hasil cek fisik. Ohya berkas yang diperlukan antara lain, STNK dan Kendaraannya tentu. Sedangkan BPKB dan KTP (atas nama STNK) tidak dibutuhkan.

Lampiran:
"berkas cek fisik bantuan"

16 komentar:

bonk-q said...

biaya nya berapa kang pardi???/

Unknown said...

murah kok bro. bisa jadi gratis. kalo ane maren bayar tiga puluh ribu rupiah, itupun karena insiden "jemput bola" sang petugas :)
dari awal hingga akhir cuma butuh waktu kurang lebih 20 menit.

maryu said...

Saya kira cek fisik untuk semua motor, gak hanya motor luar daerah. Tadinya saya mau coba cek fisik di SAMSAT Depok, cuma karena petugasnya gak ramah dan tak ada satupun orang yang akan cek fisik, akhirnya saya batalkan.

Unknown said...

betul, cek fisik wajib dilakukan saat hendak ganti plat nomor (siklus lima tahunan). sudah menjadi hal yang lumrah ketika mendapati Petugas tidak ramah atau setengah hati. Maklum di negeri ini mental melayani kurang begitu tertanam pada diri sang "Pelayan Masyarakat".

"KEABADIAN" said...

ini pengalaman saya..
saya juga mau minta cek fisik bantu di daerah Purwokerto karna motor saya bandung, tapi harus ada faktur jual beli, sedangkan saya ga ada karna beli seken dan sudah lama...kalo ga ada g bisa, terus saya oba ke samsat tetangga, ternyata uma butuh STNK+ uang gesek 40.000 huhuu UUD juga..

Anonymous said...

yah begitulah adanya. Samsat yang pertama diduga ada indikasi minta duit agar bisa keluar surat cek fisik bantuannya. sabar kawan.

Unknown said...

Saya mau ganti plat di samsat depok namun motr saya daerah lampung, sama mau bayar pajak jadi mnegirimkan stnk ke lampung namun saya lupa kalo motor saya sdh hars gnti plat, laku stnk pake fotocopyan bagaimana? Bisa atau tidak?

Unknown said...

sebenarnya bukan kapasitas saya menjawab pertanyaannya Siti Aufaa. semua kembali ke petugas samsat Depok. hanya saran dari saya, mengingat STNK asli di Lampung yang terlanjur dikirim untuk keperluan perpanjangan, yang bisa diusahakan adalah membawa copy STNK kemudian berargumen dengan tepat dan benar, serta tentunya mohon kebijaksanaan dari petugasnya. semoga berhasil.

Unknown said...

Mobil ane. Telat 3 thn + ganti plat...ribet Ga kang,posisi mbil di jawa barat,plat mbil ane B kli bata utara

Unknown said...

Saya berdomisili di Kabupaten Temanggung, jawa tengah dan sepeda motor saya masih bernopol wilayah kabupaten sleman DIY. dan rencana tahun ini motor saya ingin saya mutasi sekaligus balik nama.
Singkat cerita saya minta cek fisik bantuan dari samsat temanggung agar saya bisa menggunakan kendaraan lain ke sleman, namun ketika saya hendak mengajukan cek fisik bantuan ke samsat temanggung mereka tidak bisa memberi dengan alasan yang tidak jelas.
Saya hanya bertanya pada diri sendiri mengapa meminta cek fisik bantuan untuk mutasi dari samsat sleman tidak bisa, padahal kalo mutasi dari samsat lain ( selain samsat sleman DIY ) bisa, apa yang salah. . . .
Bagi yang tahu permasalahan ini mohon pencerahannya.

Unknown said...

Brk kalo mau cek fisik tapi stnk saya hilang bagaimana? Saya hanya punya fotocopynya soalnya mau buat baru.

Unknown said...

Permisi mas, say mau tanya stnk saya hilang sedngkan bpkb ada dipurwokerto dan saya dijogja, bpkb atas nama ibu saya. Untuk cek fisiknya bagaimana ya karena saya tidak ada stnk, bpkb dan jg ktp ibu sya. Apa bisa menggunakan surat kuasa?

Unknown said...

Maaf mas mo tanya. Motor vixion saya kan saya turunin skok depanya biar nyampe tinggi badan saya. Apakah itu menjadi masalah ketika di cack fisik d samsat mas?.

Unknown said...

Masih mending bro, ane 30k ,nggak ada" jemput bola " samsat cibinong

saskia said...

Maaf gan saya mo kalau cek fisik bantuan tidak mmbawa ktp asli hanya copy ny saja bisa atau tidak yach..

Unknown said...

Sy mw cek fisik bntuan di sleman krn plat motor bangka n mtr bpkb stnk asli sdh ada di jgja tp KTP aslinya gk da ,yg ada cm fc nya,,kira2 bs gk ya jk mw cek fisik mtr tnp ktp asli

Post a Comment