Asta Tingi, Makam Raja-raja Sumenep

Sumenep, 2011
awal bulan maret 2011 saya bersama dua rekan saya mengunjungi Kabupaten Sumenep, sebuah Kabupaten yang terletak paling ujung timur di Pulau Madura. dari Kota Surabaya, daerah ini dapat ditempuh dengan menyeberangi laut melewati Jembatan Suramadu, ditempuh dengan bus umum. dari Surabaya, daerah ini lumayan jauh, hampir setengah hari perjalanan, jalan yang dilalui pun cukup kecil, sehingga kecepatan angkutan yang ada tidak maksimal.
Kerajinan Batik
Garam merupakan produk khas dari
wilayah ini. selain itu terdapat beberapa wilayah kerajinan batik khas Sumenep, salah satunya di Pakandangan Barat, Bluto. kebetulan saya adalah penggemar batik, dan saya menyempatkan diri untuk melihat beberapa proses pembuatannya.
terasi juga merupakan bahan olahan khas dari wilayah kepulauan ini. namun sayangnya saya tidak sempat berburu.
Asta Tinggi, Museum, dan Keraton
untuk tempat tujuan wisata reliji, saya menyambangi Asta Tinggi, sebuah tempat makam raja-raja Keraton Sumenep beserta para keturunannya hingga sekarang. letak makam ini berada di sebuah dataran tinggi. berikut cuplikannya.
sejenak mengunjungi Museum Keraton Sumenep dan dilanjutkan dengan mennelusuri Keraton, melihat kamar-kamar raja dan anggota keluarganya. hal ini merupakan suatu keistimewaan bagi kami, sebab tidak sembarang pengunjung diperkenankan memasuki kamar raja beserta anggota keluarganya.

Kuliner
untuk urusan kuliner, ada sebuah tempat yang tidak jauh dari pusat kabupaten, yang menghidangkan makanan laut. selama di sana kami menyambanginya dua kali. sayangnya saya tidak sempat mencatat nama tempat itu. selain itu, Madura terkenal dengan ramuan jamu tradisionalnya, pada saat jalan-jalan, saya sempat menemui beberapa tanaman jamu yang tumbuh di sepanjang jalan. 
dalam perjalanan pulang, jika tidak salah, sewaktu di Kabupaten Pamekasan, saya melepas lelah dengan menikmati hidangan lautnya pada sebuah rumah makan di pinggir jalan utama Pamekasan-Bangkalan.
salah satu kegiatan membatik


Asta Tinggi, tempat pemakaman Raja-raja Sumenep dan keturunannya


pintu gerbang menuju makam
 

 
koleksi Alqur'an raksasa

tampak di belakang saya, tanaman jamu, saya sempat memetiknya (lihat di jari kanan)










0 komentar:

Post a Comment