Bangkalan & Batik Khas Madura (2009)

ini adalah perjalananku yang pertama semenjak aku mengabdikan diri pada sebuah Kementerian. Bangkalan adalah sebuah kabupaten yang termasuk dalam wilayah kepulauan Madura. dalam perjalanan kala itu, tim terdiri dari 3 (tiga) orang, dua rekanku ialah Pak Yanto (Bambang Agus Sujanto) dan Rizky (M. Rizky Novyanto).
dari Jakarta kami menggunakan jasa transportasi kereta api. selama semalam kami berada di kereta dan sampai di Surabaya (Stasiun Pasar Turi, kalau tidak salah ingat) pada pagi harinya. dengan dijemput seorang temannya Rizky, teman-nya sewaktu kuliah dulu di Univ. Airlangga, kami berkuliner, menikmati makanan khas Surabaya. tak lama jemputan dari Pemkab Bangkalan pun datang, lalu kami menyeberangi Jembatan Suramadu, yang kala itu belum lama selesai dibangun. dan ini merupakan pertamanya aku
menyambangi Pulau Madura, khususnya Kabupaten Bangkalan.

tidak banyak penginapan yang kami temui di sana, sehingga tidak ada pilihan bagi kami untuk memilih-milih. barangkali tidak banyak warga yang berminat untuk usaha penginapan ini, karena memang daerah ini sepi.
tak banyak yang aku ketahui tentang Kabupaten ini, selain dari internet. sesampai di kantor Bupati Bangkalan, kami diterima langsung oleh Bupati Bangkalan beserta para stafnya. tak lain, kunjungan kami ke sana ialah untuk klarifikasi perkembangan tindak lanjut pengaduan masyarakat Kabupaten Bangkalan yang ditujukan kepada Presiden dan/atau Menteri Sekretaris Negara. kami disambut dengan baik, bahkan cukup istimewa.
selesainya urusan kami pada siang itu, malam harinya kami makan malam di sebuah -sebut saja- café. ramai dan menyenangkannya suasana kala itu, tak seramai tempat di mana kami makan. entah karena bukan akhir pekan atau memang dasarnya sepi, namun yang jelas menu yang dihidangkan cukup mengundang selera. terlebih lagi hidangan ikannya, maknyus.
tidak banyak tempat yang kami kunjungi di Bangkalan kali ini, hanya sebuah tempat makam seorang ulama yang cukup terkenal di daerah itu. selebihnya kami menjelajahi tempat-tempat yang menjajakan oleh-oleh khas Madura, khususnya dari daerah Bangkalan. Batik Madura adalah salah satu pilihan yang ada di sebuah toko oleh-oleh khas Madura itu.

keramah-tamahan Bapak bupati beserta jajarannya membuat kami terkesan, terlebih sambutan yang diberikan cukup baik. Terimakasih untuk Bapak Bupati dan jajarannya.

2 komentar:

Unknown said...

Gratifikasi nih wkwk :p

Unknown said...

waduwwwh sangar amat Om... bukan ah

Post a Comment